*** BERPIKIR BESAR - BERANI MENCOBA - JANGAN TAKUT GAGAL - MULAILAH DARI SEKARANG ***

11 November 2010

Persamaan merintis usaha dengan sakit demam berdarah ?

Setelah panas yang sangat tinggi selama 3 hari, Panas pada penderita demam berdarah akan turun seperti orang normal, pada saat ini banyak yang terkecoh dan ada yang memilih untuk pulang atau tidak melanjutkan perawatan karena menganggap penyakitnya sudah sembuh. Padahal saat inilah merupakan masa kritis bagi pasien. Apabila salah dalam penanganan bisa menyebabkan kematian, tapi apabila ditangani dengan benar akan segera sembuh dari penyakit demam berdarah.

Apa hubungannya dengan usaha ?

sering kita dengar dari motivator - motivator bisnis terkenal, setiap tahun di Amerika terdapat 1 juta lebih pengusaha baru, dan di tahun ke 5 tinggal 20 % saja.

Pada saat 5 tahun pertama bagi pengusaha baru, merupakan masa - masa yang sangat berat untuk merintis sebuah usaha, apalagi usaha yang dimulai dari bawah dengan modal yang pas - pasan. Setelah bertahan selama 5 tahun, biasanya usaha yang masih bertahan memiliki penjualan yang bagus karena telah mampu bersaing dengan menjadi pemenang.

Ada hal yang sering membuat lengah para pebisnis baru adalah saat - saat dimana penjualan sangat tinggi tapi belum diimbangi dengan kontrol keuangan yang bagus, karena masih menganut pola lama pada saat belum memiliki cukup modal yaitu jangan sampai ada uang yang menganggur. Jadi dibelanjakan uang sebanyak mungkin untuk dagangan semurah mungkin tanpa memperhatikan cash flow.

Saat traksaksi sangat tinggi tanpa diimbangi dengan kontrol keuangan yang bagus dan SDM yang bisa dipercaya akan mempermudah kebangkrutan dari usaha tersebut.

Sering kita jumpai usaha yang kelihatan dari luar sangat ramai sekali tapi ternyata tutup karena tidak sanggup membayar hutang atau beban pembiayaan terlalu tinggi.

Pernah saya mendengar cerita dapat temen, ada sebuah pabrik di Jakarta Timur sedang mengerjakan order yang banyak, bahkan sampai lembur sabtu minggu untuk mengejar produksinya.

Setelah akhir bulan diadakan tour karyawan ke puncak bogor pada hari minggu. Hari senin pabrik sudah disegel dan pemiliknya menyatakan pailit.

Untuk menghindari kebangkrutan usaha anda, segeralah sadar dan perlu penanganan secara cepat seperti pembenahan laporan keuangan, membuat SOP, mulai merekrut karyawan yang sesuai ahlinya kalau perlu mengganti personel yang tidak layak ditempat itu. Karena prinsip " orang yang tepat di tempat yang tepat" sangat membantu sekali dalam mengembangkan usaha kita dan yang jelas kita jangan sampai lengah dengan keadaan order yang banyak. Karena meskipun order banyak tanpa diimbangi kontrol keuangan yang bagus sama saja dengan orang yang turun panasnya dari sakit demam berdarah yang diderita, lengah karena dikira sudah sembuh padahal trombositnya masih dibawah normal, akhirnya meninggal karena trombositnya turun secara tiba - tiba padahal suhu badannya normal.

Semoga usaha kita masih bisa berkembang terus dan bisa mengatasi masalah yang ada dan tentunya kita semua jadi pemenangnya. amin. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar ANDA :