*** BERPIKIR BESAR - BERANI MENCOBA - JANGAN TAKUT GAGAL - MULAILAH DARI SEKARANG ***

20 September 2011

STOP BERJALAN !!!! Anda mau kemana ?.....

" Mudik Lebaran " hal yang dinanti - nanti oleh hampir sebagian besar masyarakat kita. Yang pasti macet adalah pemandangan yang akan kita temui sepanjang jalan dan rasanya tidak sreg kalo ngga ada macet. tapi kalo macetnya kebangeten ya bikin kita stress di jalan.

Ada sebagian dari kita dengan sangat enjoy sampai ditempat tujuan dengan waktu yang bersamaan tapi bisa sampai ditempat tujuan dengan jauh lebih cepat waktunya daripada yang lainnya.

Mengapa ?

Salah satunya yaitu mencari jalan alternatif, mengikuti berita dan ada juga yang gambling dan akhirnya ada yang sampai lebih cepat dan ada juga malah ngga nyapai - nyampai.

Apa korelasinya mudik lebaran - macet dengan tujuan hidup kita secara umum ?

Dalam hidup ini saya yakin anda mempunyai target, dan tujuan hidup. Memang sebagian orang berpikir mengalir seperti air pasti sampai ke muara.....tapi kalo airnya menggenang gimana ?

Sebagai contoh anda mempunyai tujuan akan pulang kampung dari Jakarta ke Jawa timur. Anda ingin pulang kampung tapi belum punya duit ? pasti anda akan menunggu sampai punya duit baru akan berpikir untuk pulang kampung. Biasanya datangnya duit pasti akan dibarengin dengan datangnya kebutuhan, saudara perlu uang, anak sakit, bayar kontrakan, genteng bocor dll, Akhirnya uang yang tadinya buat pulang kampung habis sebelum niat untuk pulang kampung tercapai.

Banyak dari kita ingin sekali merintis usaha, tapi mereka akan selalu berdalih menunggu modal untuk memulai bisnis. karena bisnis indentik dengan modal. tapi karen bisnis belum dimulai pada saat modal sudah datang biasanya kebutuhan yang lebih mendesak akan bermunculan sehingga akan mengguras habis mudal yang tadinya kita persiapkan untuk memulai bisnis.

Mengapa tidak memulai berjalan dulu bisnisnya, ingat bisnis tidak harus pakai modal !!! dengan modal mulut pun bisnis bisa berjalan yang paling penting kita tahu tujuan kita mau ke mana seperti pulang kampung tadi, kita mau pulang ke Jawa Timur dari Jakarta ya harus berjalan ke arah timur....insyaallah akan nyampai. tapi setidaknya arahnya sudah jelas jangan sampai mengalir mengikuti jalan padahal jalannya ke barat atau bahkan ke laut.....hehehehe.....bukannya sampai malah menjauh dari tujuan kita.

Kalau kita sudah mulai berjalan, banyak yang bisa kita lakukan disepanjang perjalanan, mulai dari melihat orang lain yang berjalan, dan melihat sekeliling, dengan berjalan dan belajar maka akan mempercepat kita sampai ke tempat tujuan. Karena sepanjang perjalanan adalah laboratorium yang sangat besar yang bisa kita jadikan guru dan pelajaran yang tidak harus ngomong tapi bisa memberi pelajaran yang sangat berharga bagi kita.

Hubungannya dengan macet diatas ?

Pada saat pulang mudik pasti kita akan menemui yang namanya macet, ada yang enjoy dengan macet hanya mengikuti arus, ada yang ambil kiri, ada yang keluar jalur mencari jalan alternatif bahkan ada juga yang memutar balik arah yang mungkin dipikir sebagian orang akan membuang - buang waktu karena balik arah cukup jauh tapi dia yakin akan jalan alternatif yang nantinya akan sampai tempat tujuan lebih cepat.

Dalam proses berjalan dalam mencari rejeki, banyak dari kita mengikuti alur waktu yang mungkin sebenarnya menjenuhkan, karena mereka sudah bisa memprediksi atau menghitung nanti 5 tahun kedepan, 10 tahun bahkan 30 tahun lagi gaji atau penghasilan yang akan mereka dapatkan. Mungkin mereka berpikir ya, inilah jalan hidup saya yang harus saya jalanin, demikian juga macet tadi kalo mereka enjoy, atau ada yang kesel atau pasrah menerima keadaan tapi mereka sebenarnya bimbang samapai kapan nyampainya kalo padat merayap atau bahkan macet total....... Jakarta - madiun = 2 hari = 48 jam !!!! padahal orang lain mungkin cuma 12 - 18 jam bahkan ada yang hanya 2 Jam !!!!

Tidak ada salahnya kalo kita istirahat sebantar, melihat yang lain mencari jalan alternatif, mendengar berita , atau mencari informasi bahkan puter balik untuk mereposisi dari arah dan tujuan kita.

puter balik adalah hal yang sangat jarang dilakukan bahkan membutuhkan keberanian dan tantangan yang sangat besar. Karena resiko dari puter balik adalah waktu yang mungkin terbuang, belum tentu sampai dan biaya yang harus dibayar.

Dalam usaha, puter balik atau istilahnya banting setir perlu dilakukan apabila perjalanan usaha kita dirasa tidak akan sampai atau membutuhkan waktu yang lama.

Hal yang perlu diperhatikan dalam puterbalik adalah, sudah berapa lama usaha yang telah kita lakukan, kira - kira berapa lama lagi sampai ditujuan, dengan melihat data dan fakta, coba kita tengok disekeliling kita, berapa lama mereka mulai usaha, apa yang telah mereka hasilkan dll.

Kalau kita yakin dan memiliki keberanian segeralah untuk melakukan puter balik, kalo anda terlalu lama memikir - dan memikir, orang lain sudah mulai banyak yang telah puter balik dan yang pasti waktu anda akan habis karena terlalu lama memikir, mungkin anda akan mendapatkan penghasilan jauh lebih kecil dari apa yang anda dapat sekarang, tapi dengan keyakinan dan tentu keberanian, dukungan keluarga + doa dan shodakoh, insyaallah puter balik anda akan menjadikan anda sampai ditempat tujuan lebih cepat.

Selamat mencoba !!!!!!!


1 komentar:

Komentar ANDA :